Senin, 12 Januari 2015

Bagaimana mengetahui Anda terkena Rosacea

Rosacea adalah kondisi inflamasi kronis pada kulit yang sering keliru terhadap penyakit jerawat dewasa. Terkadang hilang sendiri jika tidak diobati, namun rosacea dapat menjadi kondisi kulit yang menodai wajah dengan konsekuensi psikologis seperti depresi.

Tanda Rosacea

Dengan gejala yang meliputi peradangan terutama pada wajah yang mempengaruhi pembuluh darah dan kelenjar minyak, rosacea biasanya terjadi pada orang dengan warna kulit yang merata dan berumur 25 sampai 65 tahun dan puncak di antara orang dewasa sekitar berusia 40 sampai 50. Tiga kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.


Tidak seperti jerawat, yang lebih umum di kalangan pemuda, rosacea tidak dimulai sebagai komedo. Adanya daerah lain yang terlibat akan dampak rosacea adalah mata dan eksaserbasi suhu tubuh.

Pasien yang menderita rosacea paling sering mengeluh kemerahan dan ruam, banyak dari mereka awalnya mengabaikan kondisi ini karena mereka mengasumsikan kemerahan ini akibat paparan cahaya yang normal.

Dilihat dari mata dermatologis, bagaimanapun, pada penyakit ini terjadi pelebaran pembuluh darah pada wajah. Dan pada stadium lanjut terjadi benjolan merah kecil dan komedo putih dapat muncul. Pada tahap lanjut lagi akan dapat menyebabkan hidung bulat atau membesar.

Penampilan berhidung merah ini sering (tidak sepenuhnya salah) terkait dengan konsumsi alkohol yang berlebihan. Bahkan, alkohol dapat memperburuk rosacea dan meningkatkan peradangan kulit dengan melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan kemerahan. Faktor memperburuk lainnya termasuk makanan pedas atau suhu panas, suhu lingkungan panas dan temperatur yang lebih dingin serta situasi stres. Bahkan kopi panas atau teh bisa membuat rosacea tambah buruk.

Pada beberapa individu, rosacea juga mempengaruhi mata - kondisi ini dikenal sebagai Ocular Rosacea - membuat mata terasa berpasir, gatal, terbakar dan bahkan sensitif terhadap cahaya. Peradangan pada pinggir bulu mata dapat terjadi, serta konjungtivitis yang menyerupai infeksi.

Pengobatan Rosacea

Sayangnya, rosacea tidak dapat disembuhkan, ada cara untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi ini. Mengobati rosacea dimulai dengan penjelasan tentang kondisi kronisitas yang terjadi, dan kontrol dengan para ahli adalah kuncinya.

Pertama, menghindari faktor-faktor yang memperburuk seperti yang telah disebutkan di atas adalah sangat penting. Menggunakan pembersih wajah yang lembut dan pelembab juga harus dipertimbangkan.

Sebuah resep pengobatan yang melibatkan agen antibiotik topikal biasanya memberikan hasil terbaik. Agen ini, biasanya dengan metronidazol sebagai gel atau krim dasar, tidak membunuh bakteri, yang dapat bertindak sebagai mekanisme anti-inflamasi.

Antibiotik oral khusus diberikan untuk membantu mengatasi peradangan dan mengurangi kemerahan, jerawat, dan membantu memperbaiki kondisi mata yang terkena. Antibiotik ssejenis tetrasiklin yang paling sering digunakan. Doxycycline dosis rendah paling menjanjikan dalam pengobatan oral dengan mengurangi tanda-tanda dan gejala sementara tapi tidak menimbulkan resistensi antibiotik pada kulit.

Resep agen topikal anti kemerahan terbaru juga dapat digunakan setiap hari untuk meningkatkan penampilan kosmetik dari kondisi tersebut. Seperti pengobatan masalah kesehatan kulit lainnya, ketika datang untuk mengatasi rosacea, itu semua dimulai dengan mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar